Halal Jadi Topik Utama Dalam Pertemuan Negara Serumpun

Filed under: Uncategorized — asepsy at 1:54 pm on Wednesday, May 9, 2012

Jakarta – Indonesia dan negara serumpun lainnya aktif mengadakan forum diskusi mengenai kehalalan. Seperti pertemuan teknis yang berlangsung di Malaysia tanggal 24-25 April 2012 yang dihadiri perwakilan negara anggota MABIMS.

MABIMS adalah sebuah bentuk kesepakatan negara-negara serantau yang bergerak atas dasar keagamaan. Nama MABIMS merupakan singkatan dari ‘Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura’, yang rutin mengadakan pertemuan tahunan tidak resmi antara para menteri agama dari negara-negara serumpun.

Pertemuan di akhir bulan April tersebut merupakan pertemuan lanjutan, setelah 13-14 Oktober 2010 lalu diadakan pertemuan serupa di Lombok. Berkumpulnya anggota MABIMS juga bertujuan untuk menjaga silaturahmi dan hubungan baik antar negara.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari negara masing-masing. Delegasi dari Indonesia yang hadir yaitu Kepala Sub Direktorat Produk Halal Kementrian Agama, Dr. Mukhtar Ali, Direktur LPPOM MUI, Ir. Lukmanul Hakim, Msi dan Wakil Direktur III LPPOM MUI, Ir. Sumunar Jati.

Pertemuan juga dilaksanakan untuk membahas isu-isu halal terkini di antara anggota MABIMS. Selain itu, tujuannya juga untuk membangun koordinasi antar anggota MABIMS dalam hal kegiatan sertifikasi halal agar pertumbuhan halal dunia bisa makin berkembang dengan pengakuan sertifikasi halal antar negara anggota MABIMS.

Dari pertemuan tersebut juga dihasilkan beberapa rekomendasi, salah satunya adalah kegiatan Mutual Halal Recognition dengan mengadakan workshop di Indonesia pada bulan Juli 2012 mendatang. Negara Malaysia mengusulkan jika workshop ini dilaksanakan di kota Bogor.

Nantinya hasil workshop mengenai kerja sama teknis dalam Mutual Halal Recognition dapat diusulkan dalam salah satu agenda kegiatan Senior Official Meeting (SOM) yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 14-15 Oktober 2012 di Singapura.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.