Kuliner

Jakarta – Sedang galau dan risau? Cobalah mampir mencicipi penyetan yang dahsyat ini. Ada super empal penyet, super iga penyet, dan super udang penyet yang makin mantap dicocol dengan 8 jenis sambal yang super uedan pedasnya. Huahh… dijamin melek!

Makanan serba penyet gaya Suroboyoan ini memang sedang digandrungi. Tak heran kalau restoran yang mengusung menu serba penyet tampak menjamur. Salah satunya adalah restoran penyetan dari Semarang yang hadir di bilangan Jakarta Barat. Meski bukan tergolong baru, tetapi restoran Super Penyet ini cukup bikin penasaran.

Super Penyet berada di area perumahan Greenville, letaknya persis disebelah restoran seafood top, Saung Greenvile. Berbeda dengan restoran penyetan lain, Super Penyet menempati area yang sangat luas dengan langit-langit tinggi. Di bagian tengah ada sebuah pohon-pohonan yang membuat suasana jadi tampak teduh. Di bagian depan ada sebuah meja panjang berisi beraneka sambal yang rupanya jadi ciri khas di Super Penyet ini.

Menu-menunya penyetnya tak jauh berbeda seperti restoran penyet umumnya. Ada ayam penyet, empal penyet, iga penyet, udang penyet, bakso penyet dan masih banyak lainnya. Selain itu mereka juga menyediakan paket penyet harga hemat yang komplet dengan tahu tempe.

Yang jadi andalan adalah Super Udang Jumbo Penyet yang langsung jadi pilihan saya. Sedangkan pilihan lainnya Super Empal Penyet dan seporsi tauge ikan asin sebagai pendamping menu penyetan ini. Segelas es teh manis dan es lemon tea untuk menetralkan rasa pedas.

Super Udang Jumbo Penyet disajikan di piring bundar dari kayu. Lima buah udang galah yang gendut-gendut digoreng tersaji komplet dengan gerusan sambal terasi yang ada di bagian bawah udang. Begitu pula dengan si empal yang tersaji dengan porsi lebih sedikit. Yang membuat saya sedikit keheranan, sajian ini tampil polos tanpa lalapan.

Rupanya lalapan dan sambal dapat diambil sepuas hati di meja panjang tadi. Piring-piring kecil sudah disediakan bagi pengunjung yang ingin menambah lalapan dan sambal tambahan. Ada 8 macam sambal tambahan yang tersedia. Sambal terasi, sambal korek, sambal dondong, sambal super pedas, sambal dabu-dabu, dll. Sebagai penyuka pedas, selain lalapan saya pun menambahkan sambal terasi dan sambal dondong. Mantap!

Udang penyetnya memang boleh diacungi jempol. Udangnya gendut-gendut dan sangat segar saat dimakan. Terbukti selain teksturnya kenyal lembut juga terasa manis. Pendamping favorit saya untuk udang ini adalah sambal terasinya yang digerus kasar lalu dicampur dengan sambal dondong.

Sambal dondong berupa kedondong yang diiris tipis dan diaduk dengan sambal sehingga terasa asam-asam pedas saat dimakan. Saat si udang dicocolkan ke sambal, wouww… setruman sambalnya uedan makin enak dengan adanya sensasi asam dari kedondong. Uenak dan bikin merem-melek!

Empal penyetnya manis empuk cocok ditambahkan tauge ikan asin yang krenyes gurih. Meski hanya terdiri dari dua irisan kecil empal yang terasa agak kurang nendang kalau perut lapar. Rupanya empal penyet lebih mantap berupa menu paket yang komplet. Empal ini rasanya manis kontas dengan sambal pendampingnya yang super puedes!

Untunglah segelas es lemon tea super besar telah tersedia untuk meredakan rasa pedas. Harga seporsi Super Udang Jumbo Penyet yang mengenyangkan ini Rp 45.000,00 sedangkan untuk Super Empal Penyet dihargai Rp 14.500,00 dan Rp 11.000,00 untuk Tauge Ikan Asin. Tidak terlalu mahal bukan? Penggemar serba penyet, yuk mampir!

Super Penyet
Jl. Greenville AV-12
Kedoya Utara
Jakarta Barat
Telp: 021-26889500